Jenis – jenis luka bakar & cara pertolongan pertama

Jenis – jenis luka bakar & cara pertolongan pertama

Pada hakikatnya luka bakar hampir seluruh manusia mengalaminya , mulai dari luka bakar kategori ringan sampai dengan luka bakar kategori parah. Masing – masing memiliki jenis perawatan dan penanganan tersendiri. Jika luka bakar ringan tanpa harus di bawa ke rumah sakit pun bisa sembuh lain hal nya dengan luka bakar berat, tidak bisa di atasi sendiri tanpa bantuan medis.

jenis luka bakar

Mari kita mengenal jenis – jenis luka bakar. Luka bakar banyak yang mengkategorikan dari penyebabnya terjadi luka dan penyebab terjadinya luka bakar di antaranya adalah :

 

  1. Luka bakar akibat percikan api

Luka bakar jenis ini terjadi akibat kontak tubuh langsung dengan api yang mengakibatkan luka pada kulit. Kemungkinan yang di aalami oleh luka bakar api bisa sedang dan bisa juga parah. Jika sudah ada bagian kulit yang sudah terkelupas segeralah meminta pertolongan medis.

  1. Luka tersiram air panas

Akibat terseriram air panas masuk dalam kategori parah karena mengakibatkan kulit menjadi terkelupas atau bisa juga menyebabkan infeksi.

  1. Luka bakar akibat tercemar bahan kimia

Untuk jenis luka ini banyak di alami oleh tenaga medis yang berada di lingkungan obat kangker.

  1. Luka terkena sengatan listrik

Biasanya sudah terkena sengatan listrik yang cukup tinggi baru akan terasa ada luka bakar pada tubuh.

  1. Luka bakar akibat radiasi.

Inilah jenis luka bakar yang masuk dalam kategori ringan, karena hanya menyebabkan kulit menjadi kemerahan tanpa ada jaringan epidermis kulit yang rusak.

 

 

Berikut adalah perawatan luka bakar berdasarkan jenis – jenisnya

 

Luka bakar akibat radiasi,

Inilah merupakan salah satu jenis luka bakar yang paling lazim di alami oleh banyak orang. Dan cara perawatannya pun cukup sederhana yaitu dengan menggunakan lotion cream, minyak zaitun, atau bisa juga menggunakan handuk yang di celupkan kedalam air es kemudian tempelkan handuk kepada luka bakar jenis ini.

 

Luka bakar bahan kimia, jika anda mengalami luka bakar jenis ini, segeralah buka pakaian yang anda pakai yang terkena bahan kimia tersebut lalu cuci bagian yang terkena cairan kimia dengan air mengalir selama 15 menit. Dan jika terkena cairan kimia yang bisa di netralisiir dengan cairan kimia lain segeralah lakukan, contoh asam keras netral dengan natrium bikarbonat.

 

Luka bakar akibat luka bakar, tersengat listrik dan terkana air mendidih.

Perawatan jenis luka ini seringkali mendapatkan tindakan khusus dari medis, karena tergolong luka bakar kategori parah. Yang menyebabkan iritasi pada jaringan epidermis serta nyeri yang berlebih. Jika anda mengalami luka jenis ini mintalah pertolongan medis sesegera mungkin.

Jika anda melihat gelembung lepuhan pada kulit sebaiknya jangan sekali – kali anda memecahkan gelembung tersebut karena gelembung lepuhan tersebut membantu menahan kulit yang bisa berisiko infeksi. Namun jika saat itu juga sudah pecah sebaiknya anda melakukan penanganan awal dengan menyiramkan air bersih pada luka bakar yang ada.

 

Itulah jenis – jenis luka bakar dan cara pertolongan pertamanya. Jika artikel ini bermanfaat silahkan saja untuk share.

 

Salam sehat dari kami,

 

komunitas perawat jasahomecare.com

 

Bagikan ini :
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.